Sabtu, 02 April 2011

Welcome D'April...


Hallowwww....
Annyeong...
Finally it's April...
Hohhohohoho.

Telat neh postingannya. Jadi pasti banyak yang tahu kalo tiap tanggal 1 April, orang-orang barat merayakan yang namanya April Fool's Day atau lebih dikenal sebagai April Mop. Pada saat april mop (*bagi yang merayakan) biasanya di-boleh-kan untuk mengerjai, dan berbohong untuk sekedar lucu-lucuan dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Namun, kalau si korban sadar bahwa saat dia dikerjai adalah karena April Mop, dia tidak boleh marah, tapi sering-seringnya seh malah ketawa karena merasa dibodohi. Hehehehehe... Aneh..

Lha terus sejak kapan tradisi April fool's day (#1 April) ini dirayakan oleh masyarakat barat??? Banyak teori yang menyebutkan hal itu, banyak pula sumber yang menyebutkan tanggal yang dinilai pasti. Beberapa teorinya diantaranya: (*dari berbagai sumber)

1. April Fool's day dimulai pada tahun 1582 di Perancis. Saat itu pada masa pemerintahan raja Charles IX dirubahlah sistem penanggalan masehi yang semula 10 Bulan, jadi 12 Bulan seperti sekarang ini. Dulu, tahun baru dirayakan tiap tanggal 1 April. Namun setelah penanggalan dirubah, tahun baru dimulai pada tanggal 1 Januari. Sayangnya tidak semua masyarakat setuju dengan perubahan penganggalanyang dilakukan oleh Paus Gregory XIII. Sebagian masyarakat yang masih nyaman dengan kalender 10 bulan tetap merayakan tahun baru dimulai dari tanggal 25 Maret dan sampai puncaknya pada 1 April. Nha tindakan mereka (*yang kontra) memicu cemoohan dari masyarakat yang pro (*heran ane wong tanggalan di perpanjang 2 bulan kok pada Protes... ckckckck...). Masyarakat yang pro lalu mengerjai mereka dengan memberi undangan palsu dan alamat palsu. Langsung de para korban berjatuhan (*banyak yang ketipu maksudnya...) pada tanggal 1 April. Korban ini dinamakan "Poisson d'Avril" atau ikan April yaitu diambil dari pergerakan Matahari yang meninggalkan zodiak Pisces.

2. Teori kedua adalah (*menurut eramuslim) perayaan atas pembantaian umat Islam di Spanyol pada tahun 1487 (892 H).Spanyol tumbuh menjadi negara yang makmur sejak dibebaskan oleh Panglima Thariq bin Ziyad. Sejak itu, banyak warga Spanyol yang memeluk Islam. Namun,banyak pula orang-orang kafir yang ga terima, dan terus berusaha mencari kelemahan umat Islam. Singkat cerita, orang-orang kafir berhasil menemukan suatu cara yaitu dengan cara melemahkan iman mereka. Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk Islam Spanyol terus berlindung di dalam rumah untuk mencari perlindungan, namun tentara salib terus mencari mereka, hingga tentara salib menggunakan cara licik. Yaitu dengan mengatakan bakwa mereka telah menyediakan kapal untuk mereka (*umat Islam) pergi dari daerah itu. Beberapa yang tidak percaya tetap bertahan di rumah, namun banyak yang percaya akhirnya berbondong-bondong menuju pelabuhan untuk menerima penyelamatan yang dilakukan oleh tentara Salib. Sesampainya di pelabuhan (*banyak diantaranya perempuan dan anak-anak) mereka melihat kalau kapal-kapal yang telah disiapkan dibakar di depan mereka. Kemudian, tentara salib mengepung dan membantai mereka tanpa sisa, bahkan yang masih ada di rumah-rumah. Peristiwa itu diyakini pada tanggal 1 April.
Oke.. Boleh percaya boleh tidak.... Itu urusan anda... wkwkwk...

Ane nemu quotes bagus tentang #1 April dari Mark Twain :The first day of April is the day we remember what we are the other 364 days of the year.
 
See this if you want to know what exactly the great prank which ever people made...
 
NB:
Memang orang-orang barat merayakan hari 1 April ini, tapi lebih bagus lagi kalau kita sebagai orang Indonesia aseli, ga uasah ikut2an dah sama orang barat. Be our self. Masih banyak budaya yang perlu kita lestarikan, tanpa perlu nambah-nambahin budaya yang belum jelas asal usulnya. Lagian, kalau mau ngerjain orang knapa harus nunggu tanggal 1 April??? Kelamaan... tiap hari aja ngerjain orangnya... wkwkwkwkwwk...
 
~PritArt~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar