Kamis, 13 Oktober 2011

[KMovie] The Crucible a.k.a Silenced (*2011)


Movie: Silenced (International English title) / Crucible (literal title)
Revised romanization: Dokani
Hangul: 도가니
Director: Hwang Dong-Hyuk
Writer: Kong Ji-Young
Producer: Uhm Yong-Hun, Bae Jeong Min, Na Byung-Joon
Cinematographer: Kim Ji-yong
Release Date: September 22, 2011
Runtime: 125 min.
Distributor: CJ Entertainment
Language: Korean
Country: South Korea

Cast:
Main Cast:

Additional Cast:

Jang Gwang - headmaster twin brothers
Im Hyeon-Seong - Young-Hoon
Kim Joo-Ryung - Yoon Ja-Ae
Eom Hyo-Seop - Police Officer Jang
Jeon Kuk-Hwan - Attorney Hwang
Choi Jin-Ho - Prosecutor
Kwon Yoo-Jin - Judge
Park Hye-Jin - Headmaster's wife
Kim Ji-Young - Sol-Yi
Eom Ji-Seong - Young-Soo
Lee Sang-Hee - auto repair shop owner
Nam Myung-Ryul - Professor Kim Jung-Woo
Jang So-Yeon - courtroom sign language interpreter
Hong Suk-Youn - school custodian/gaurd

Story:
Kang In Ho (Gong Yoo) adalah seorang guru baru yang mengajar seni di sebuah sekolah khusus untuk anak tuna rungu di kota Mujin. Dalam perjalanannya, In Ho mengalami sebuah kecelakaan kecil yang membuatnya berkenalan dengan Yoo Jin (Jung Yu Mi) seorang aktivis HAM.

Di hari pertamanya di sekolah khusus tersebut, In Ho bertemu dengan kepala sekolah dan kepala administrasi yang ternyata kembar identik. Kepala Administrasi meminta uang sebesar 50 juta Won agar In Ho dapat bekerja di sekolah tersebut. Karena keterbatasan finansial, dan In Ho sangat membutuhkan pekerjaan tersebut mengingat anak perempuannya yang dititipkan ke orang tuanya menderita asma, sedangkan istrinya sudah meninggal dunia, In Ho memberanikan diri meminjam uang ke ibunya. Ibu In Ho pun segera mengirimkan uang tersebut.

Ketika telah mulai mengajar di sekolah khusus tersebut, In Ho merasa ada sesuatu yang aneh di sekolah tersebut (*Sesuatu itu bukan Hantu atau hal yang berbau supernatural). Hanya saja In Ho merasa bahwa murid-muridnya "jauh" dari jangkauannya. Ketika dalam perjalanan pulang, In Ho melihat salah satu muridnya Yoo Ri sedang duduk di jendela kamar asramanya yang berada di lantai atas. Dengan segera In Ho berlari menghampiri Yoo Ri dan menariknya dari jendela. Yoo Ri kemudian menarik In Ho ke sebuah ruangan dan berhenti. Di ruangan tersebut, In Ho melihat bahwa pengawas asrama memukul seorang murid laki-laki yang bernama Yeon Doo. In Ho yang terkejut dengan kebrutalan tersebut dengan segera membawa Yeon Do ke Rumah Sakit dan memanggil Yoo Jin (*Aktivis HAM yang ditemuinya sebelumnya). Berdua dengan Yoo Jin, In Ho menguak tindakan yang tidak terduga yang dilakukan oleh pihak sekolah, dan pekerjaan mereka untuk memecah kebungkaman para murid ternyata hanyalah awal dari semuanya. Nilai 50 juta Won yang diminta sekolah dari In Ho pun ternyata memiliki suatu arti....

Note:
Film ini dibuat berdasarkan sebuah novel berjudul "Dokani" (2009). Novel tersebut terinspirasi oleh kejadian nyata yang terjadi di sebuah Sekolah Luar Biasa Khusus Tuna Rungu di Gwangju, Korea Selatan. Film ini awalnya dibuat atas ketertarikan sang aktor utama yaitu Gong Yoo kepada novelnya. Gong Yoo membaca novel Dokani ketika menjalankan kewajiban militernya. Kemudian dia berpikir bahwa novel tersebut harus dijadikan film. Dan terbukti film yang memulai syutingnya di bulan Febuari 2011 ini berhasil sukses di tangga box office Korea Selatan dan berhasil menduduki peringkat 1 sejak pertama kalinya muncul di bioskop. Wah.. DAEBAK..

Prita Thought:
Bagi yang sudah pernah melihat drama Coffe Prince pasti sudah tidak asing dengan wajah Gong Yoo. Yups. Choi Han Gyul-sshi adalah nama yang dia perankan di Coffe Prince. Dan..... setelah membintangi Finding Mr.Destiny di 2010, Gong Yoo kembali ke layar lebar dengan Silenced. Berbeda dengan genre drama atau movie yang pernah dia perankan, yang biasanya bermain di drama romance komedi, atau drama yang menguras air mata. Sekarang dengan ide darinya, akhirnya muncul movie semi thriller ini. Tema kekerasan pada anak-anak memang sering dijadikan bahan untuk membuat suatu film apalagi yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Hemmm... Nilai plus buat nonton filmnya pun jadi bertambah. Yang membuatku penasaran adalah. Bagaimana akhir dari kisah perjuangan sang Guru untuk memperjuangkan hak murid-muridnya. Secara, sebelumnya dia harus memenuhi standar yang ada di sekolah tersebut yaitu "Silenced". Dan yang tambah bikin penasaran adalah Titlenya yang berjudul Rank #1 Box Office Movie in South Korea in 4 weeks. I wanna see this movie soooooo much... Ow.. Soooo Mucccchhhh....

Cr: Asianmediawiki, Hancinema  
Ar: PritA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar